Sleman – Indonesia Selection tidak bisa berbuat banyak usai dihantam Islandia 0-6. Pelatih Indonesia Selection Robert Rene Alberts menuding kondisi lapangan.

Di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Kamis (14/1), Indonesia Selection cukup bisa menimbangi permainan Islandia di babak pertama. Namun, Bambang Pamungkas cs kebobolan di menit ke-30 lewat Andre Bjornasson.

Hujan mulai turun menjelang turun minum dan semakin deras. Islandia kemudian memperbesar skor Kristijan Finnbogasson di awal babak kedua, sebelum pertandingan dihentikan sebentar. Meski hujan mulai reda, lapangan pertandingan tergenang sehingga bola pun bergulir dengan kurang sempurna.

Islandia mampu memanfaatkannya dengan menceploskan empat gol tambahan masing-masing dari Ottar Karlson, Tyggvi Haraldsson, Hjortur Hermansson dan Holmar Eyjolfsson.

Rene mengiyakan kondisi pertandingan merusak skenarionya. Akan tetapi, Rene menghargai penampilan para pemain mengingat singkatnya masa latihan.

“Mereka memainkan sebuah pertandingan yang solid dan kita bisa melihat dua gol mereka dari bola-bola atas dan set piece,” ujar Rene seusai pertandingan.

“Di babak kedua, pertandingannya sulit dimainkan terutama bagi Indonesia yang mestinya bermain dengan umpan-umpan pendek tapi menjadi keuntungan bagi Islandia karena menggunakan bola-bola panjang sehingga permainan kita tidak bisa berkembang.”

“Ini memang hanya pertandingan ujicoba melawan tim dari hasil polling, dan tim ini baru dibentuk pada kemarin dan tidak semua pemain bisa tampil karena hanya ada jatah enam pemain pengganti. Sementara para pemain kita tidak terlalu fit karena baru datang kemarin. “

“Mengingat kami baru mulai latihan kemarin dan ada tiga pemain yang baru datang dari Madura, saya senang dengan sikap yang diperlihatkan para pemain kita. Para pemain telah menunjukkan kerja keras, perjuangan, sekalipun dalam kondisi fisik yang kurang optimal,” imbuh Rene.

(rin/raw)


NO COMMENTS